Kata Kata LDR Gaul

Kata Kata LDR Gaul

Sebenarnya banyak sekali yang ingin saya posting, saking banyaknya jadi bingung mau mana dulu ya.. Akhirnya saya pilih yang ngga’ penting-penting amat. Banyak teman yang suka sms, chatting, atau update status tentang berbagai macam obrolan. Dan saat ngobrol itu banyak pula yang suka pakai singkatan-singkatan dengan alasan biar gaul dan kekinian. Namun masih ada orang yang belum paham dengan bahasa-bahasa yang dianggap ‘gaul’ itu, yang akhirnya bisa salah tafsir.



Kata Kata LDR Gaul

Alay

Alay adalah singkatan dari Anak Layangan. Biasanya kata ini sering diidentikkan dengan anak-anak yang bergaya norak dan terlalu berlebihan. Contoh katanya: “Dandanan lo alay abis!”

Hoax

Kata ini dipopulerkan dari forum Kaskus yang artinya kebohongan/ berita palsu. Contoh katanya: “Udah jangan didengerin berita gituan paling hoax.”

Maho

Kata ini juga dipopulerkan oleh forum Kaskus.Maho adalah singkatan dari Manusia Homo. Sering diucapkan untuk menjelek-jelekkan laki-laki yang berlagak seperti perempuan. Atau kadang sebagai bahan ejekan jika ada dua orang laki-laki yang sering berdekat-dekatan. Contoh katanya: “Idiiihhh, berduaan mulu kaya maho..”

Galau

Kata ini sangat populer di dunia maya. Galau sendiri artinya bimbang atau resah. Kata ini banyak digunakan untuk mereka-mereka yang sedang patah hati, atau dalam keadaan sedih. Kebanyakan, kata ‘galau’ digunakan untuk mewakili perasaan hati seseorang. Contoh katanya: ” Aduuhh, lagu-lagunya Kerispatih bikin galau deh..”

LOL

Kata ini sering digunakan di dunia maya. LOL sendiri adalah singkatan dari Laugh Out Loud yang artinya tertawa terbahak-bahak. Contoh katanya: “Puas deh gue ngetawain lo hari ini.. LOL”

Kamseupay

Kamseupay adalah singkatan dari Kampungan-Sekali-Udik-Payah. Mulai dikenal sejak terjadinya perang di Twitter antara dua keluarga artis. Saat ini Kamseupay sudah sangat terkenal sehingga dijadikan jargon di iklan dan acara televisi. Contoh katanya: “Idiihh, bajunya kamseupay!”

Lebay

Yang artinya berlebihan. Sering digunakan untuk orang-orang yang bertindak berlebihan. Contoh katanya: “Gak usah lebay deh lo masalah gitu aja pake nangis segala?!”

Meneketehe

Sebenarnya kata ini sudah lama digunakan. Tepatnya saat acara Extravaganza (TransTV) masih ada. Sering diucapkan oleh Tora Sudiro. Kata ini memiliki arti sebenarnya yaitu Mana Ku Tahu. Contoh kalimatnya: A : “Eh,lihat buku-buku gue gak?” | B : “Meneketehe, gue aja baru dateng!”

Kepo

Singkatan dari “Knowing Every Particular Object”. Kepo adalah kata yang biasa digunakan untuk orang-orang yang selau ingin tahu urusan orang lain. Contoh katanya: “Halaahh, lo kepo banget sih..”

Lo Gue End

Kata-kata ini dipopulerkan oleh Wendy Cagur dan Sule saat sedang bermain di Opera Van Java (Trans7). Lo Gue End sendiri artinya memutuskan hubungan. Contoh katanya: “Lo ama Gue udah gak ada apa-apa lagi, pokoknya Lo Gue End!..”

PHP

PHP adalah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu. Kata ini digunakan untuk orang-orang yang hanya memberi pengharapan kepada orang lain tanpa kepastian. Contoh katanya: “Sial, gue di-PHP-in sama Mrs. Z”

Mager

Mager adalah singkatan dari Males Gerak. Biasanya digunakan untuk keadaan orang yang sedang tidak melakukan apa-apa dan lagi malas . Contoh katanya: “Duuhh, mager banget nih mau bersih-bersih..”

Selow/Woles/Selon

Kata-kata di atas memiliki arti yang sama yaitu santai. Kata ini biasa digunakan saat orang menggampangkan sesuatu. Asal kata Woles dari Slow yang dibaca terbalik dari belakang menjadi Wols yang diplesetkan jadi Woles. Contoh katanya: “Woles aja ga’ usah buru-buru, masih pagi..”

Ababil

Atau singkatan dari ABG labil. Kata ini sering digunakan untuk para remaja yang kelakuannya masih labil. Contoh katanya: “Hadhuu.., kaya gitu aja pake dijadiin status, kaya ababil aja..”

OTW

Atau singkatan dari On The Way (sedang dalam perjalanan). Biasa digunakan untuk menjawab pertanyaan orang yang sedang menunggu. Contoh katanya: A : “Eh, di mana lo, buruan! | B : “Sabar bro, lagi OTW!”

NW / NP

Sering digunakan di dunia maya khususnya di Twitter yang artinya NW (Now Watching) dan NP (Now Playing). Biasa dipakai untuk menunjukkan kalau si pemilik akun sedang menonton atau sedang mendengarkan lagu. Biasanya disertai hastag (#). Contoh katanya: @mr_xxxx : #NW : Iron Man atau @mrs_yyyy : #NP : Eny Sagita & Atut – Nitip Kangen.

Bapuk

Kata ini digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sudah rusak, jelek, atau yang tidak layak digunakan. Contoh katanya: “Aahh, sinyalnya bapuk nih!”

Unyu

Kata yang digambarkan untuk mendeskripsikan sesuatu yang lucu, imut, atau menggemaskan. Contoh katanya: “Wuidiihh, bonekanya unyu banget..”

Curcol

Curcol atau singkatan dari Curhat Colongan. Biasa digunakan untuk orang-orang yang menceritakan kisah hidupnya kepada orang lain. Curhat sendiri singkatan dari Curahan Hati. Contoh katanya: “Kok lo curcol mulu sih?”

Ajib

Ajib bisa diartikan enak. Sebenarnya istilah ini sudah ada sejak lama namun saat ini menjadi populer kembali. Contoh katanya: “Masakan kamu ajib banget deh, mantap!”

Ciyus Miapah

Ciyus Miapah berasal dari kata “Serius Demi Apa?” yang dipelesetkan. Selain ciyus miapah banyak kata-kata lain yang dipelesetkan. Contoh: A : “Eh, kemaren gue abis diputusin lho?!” | B: “Ciyus miapah lo udah putus?”

“Terus gue harus bilang wow gitu?”

Kalimat “Terus gue harus bilang wow gitu?” biasanya digunakan saat seseorang tidak tertarik dengan cerita yang sedang dibicarakan lawan bicaranya. Namun, kalimat ini biasanya ditujukan sebagai bahan candaan. Contoh: A : “Eh, gue punya mobil baru lho?!” | B : “Terus gue harus bilang wow gitu kalo lo punya mobil baru?”

“Emang mau banget?”

“Emang mau banget?” biasa digunakan saat seseorang menginginkan sesuatu dan lawan bicaranya membalas dengan kata-kata “Emang mau banget?”. Contoh: A : “Gue lagi pengen makan sop duren nih!” | B : “Emang mau banget?”

“Masalah buat lo?!”

Kalimat “Masalah buat lo?!” biasa digunakan ketika seseorang mencampuri/selalu ingin tahu masalah orang. Contoh: A : “Eh, kemaren ue abis berantem sama nyokap gue terus blablablabla….” | B : “Ya ampun masalah gitu aja pake dibawa-bawa ke kampus” | A : “Masalah buat lo?!”

Kode

Kata kode biasanya digunakan ketika seseorang tidak mau menyampaikan maksud ucapannya secara langsung. Contoh: “Ada 2 tiket konser, satu lagi buat siapa ya? #kode” (ngajakin nonton konser berdua)

Modus

Modus bisa diartikan memiliki niat lain dibalik pekerjaan lain yang dilakukan. Ada pula yang mengartikan Modal Dusta. Contoh: A : “Eh, ngerjain tugas bareng yuk?” | B : “Ah, modus lo bilang aja mau deketin gue!”

Gengges

Gengges sebenarnya memiliki arti “ganggu” yang diplesetkan. Contoh: “Idiihh, gengges banget deh lo!”

A.K.A.

AKA merupakan singkatan dari As Know As yang berarti alias. Contoh : “Nama Akun gue @Aselole AKA Aseli Lo Lebay”

GWS

GWS merupakan singkatan dari Get Well Soon yang berarti semoga lekas sembuh. Contoh katanya: “Eh gue denger lu sakit ya? GWS deh ya!”

BRB

BRB merupakan singkatan dari Be Right Back yang berarti saya akan kembali. Biasa digunakan ketika sedang chatting. Contoh katanya: “BRB ya sob, gue tinggal bentar!”

LDR

LDR merupakan singkatan dari Long Distance Relationship yang sering diartikan pacaran jarak jauh. Contoh : “Ciyee.. yang LDR pasti kangen ya?..”

Yawn

Yawn merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti menguap. Contoh : “Mata udah capek banget nih, saatnya tidur *yawn*”

Ppppppffffttttt atau Hhuufffttt

Ppppppffffttttttt atau Hhuufffttt bisa diartikan seperti orang sedang menghela nafas saat mengeluh. Contoh katanya: “Tugas baru selesai, tugas lainnya pun menunggu #pppppfffffttttt..”

Geje atau Gaje

Geje merupakan singkatan dari “Gak Jelas”. Contoh : “Idiihh, apaan sih lo? Geje banget becandanya!”

Typo

Typo merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti salah cetak, jika dalam bahasa gaul maksudnya adalah salah ketik. Contoh: “Lo kapan brangkst? Eh sorry, typo maksud gue berangkat.”

Mainstream

Mainstream memiliki arti untuk sesuatu hal yang sudah sangat umum. Contoh: “Yaelah baru pake BB aja belagu! Mainstream banget juga..”

Trollface

Trollface merupakan ekspresi menyebalkan, ngeselin, atau senyum sinis. Biasanya diikuti kata-kata ” U mad bro?”

“U mad Bro???”

Kata-kata “U mad bro?” bisa diartikan seperti “Lo marah bro?” atau seperti kata-kata melecehkan, ngeselin.

Dafuq

Dafuq merupakan singkatan dari “What the fuck”. Biasanya sering digunakan pada situasi-situasi menjengkelkan. Contoh: “Udah download lama-lama, eh koneksi internetnya putus! #dafuq!”

Friendzone

Merupakan sebuah situasi dimana seorang sahabat (biasanya cowok) menyukai dan ingin menjadi pacar sahabatnya (cewek) namun si cewek tersebut mengaggapnya tidak lebih dari sekedar teman yang bisa diandalkan. Contoh: A(cowok) dan B(cewek) adalah sahabat yang sudah sangat dekat. Diam-diam si A menyukai si B. A (cowok) : “Hei B, lo mau gak jadi cewek gue?” | B (cewek) : “Lo tuh terlalu baik untuk jadi pacar gue, bukannya temen tuh lebih berharga dari pacar ya? ” ( Si A kini berada dalam posisi Friendzone).

Oretz atau Otre

Oretz artinya sama dengan “oke” yang berasal dari bahasa inggris, “all right” yang diplesetin penulis maupun pengucapannya.

Meper

Merupakan perbuatan mengelap tangan yang kotor atau terkena sesuatu secara diam – diam ke tembok, baju orang lain, dll.

Palbis

Palbis singkatan dari kata “paling bisa”. Contoh: A : “Cobaan terberat itu saat ngeliat Tweet kamu sama dia..” | B : “Yaelah, palbis kamu, hahaha.. “

Pecah

Kata ini digunakan untuk mengomentari hal-hal yang keren, gokil, dan heboh. Contoh: “Rugi lo nggak dateng, pecah banget acaranya semalem..”

Keles

Kata ini dari kata “kali”. Contoh: “Ga gitu-gitu juga keles?!” = “Ga gitu-gitu juga kali?!”

Cabe-cabean

Istilah untuk anak remaja perempuan yang nakal dan suka nongkrong di pinggir jalan.

Terong-terongan

Istilah untuk anak remaja laki-laki yang nakal dan suka nongkrong di pinggir jalan.

Bingit

Kata lain dari “banget”.

Rempong

Kata gaul dari “repot” alias ribet.

Peres

Istilah gaul dari “palsu” atau “bohong”.

Couldi

Kata lain dari “galau”.

Cuco’

Yang artinya “cakep” atau “keren”.

Jayus

Yang artinya “tidak lucu”.

Ember

Yang artinya “memang”.

Suteralah

Artinya “sudahlah” atau “biarlah”.

Lambreta

Kata yang artinya lama, digunakan untuk sesuatu yang lama untuk ditunggu. Contoh: “Ah, ga dateng-dateng! Lambreta!”

Afgan

Awal mulanya dari judul lagu “Sadis” yang dipopulerkan Afgan. Contoh: “Idiihh, Afgan banget lo ngerjain orang!”

Bais

Dari kata “abis” alias “habis”.

Boil

Dari kata “mobil”.

Asber

Kependekan dari kata “asal nyamber”. Contoh: “Eh, baru dateng asber lo?!”

Titi DJ

Yang artinya “hati-hati di jalan”.

Logika

Yang artinya “lo pergi gue merdeka”alias kamu pergi saya bebas.

FLU

Singkatan dari “Falling Love You” atau “Falling Love With You” alias jatuh cinta padamu.

Bokap

Istilah lain dari “ayah”.

Nyokap

Istilah lain dari “ibu”.

Bonyok

Merupakan gabungan dari bokap dan nyokap.

Macan

Kependekan dari “mama cantik”.

Mahmud

Kependekan dari “mamah muda”.

Andi Lau

Merupakan kependekan dari “antara dilema dan galau”.

JJS & JJM

Singkatan dari “jalan-jalan sore”, dan “jalan-jalan malam”.

Berondong

Istilah ini biasanya ditujukan kepada laki-laki muda atau masih remaja.

Bispak

Kependekan dari “bisa dipakai”. Istilah yang sering dipakai untuk wanita nakal atau PSK (Penjual Seks Komersial).

Bete (BT)

Singkatan dari “boring total”. Boring artinya membosankan.

GPL

Singkatan dari “gak pake lama”.

Gretongan

Yang artinya “gratisan”.

Heri

Kependekan dari “heboh sendiri”.

Hugel

Kependekan dari “hubungan gelap” alias selingkuh.

DL

Singkatan dari “derita lu!”

Ilfeel

Yang artinya “hilang perasaan” atau jadi tidak suka.

Jablai

Kependekan dari “jarang dibelai”, yang identik pada ‘wanita malam’.

Cabut

Yang artinya “mengajak pergi dari tempat duduknya”.

Bangkotan

Yang artinya “tua”.

Jaki

Kependekan dari “jalan kaki”.

Basbang

Kependekan dari “basi banget”.

Kamseudin

Ini adiknya Kamseupay, masih serupa. Kependekan dari “kampungan-sekali-udik-idiot-norak”.

CDMA

Singkatan dari “cape deh, males ah!”.

Absurd

Yang artinya “aneh”, “ga logis, ga masuk akal”

Yalsi

Asalnya dari kata “siyal” (sial). Contoh: “Wah, pulsanya abis, yalsi!”

Pertamax

Istilah yang menandai komentar yang paling pertama pada sebuah postingan, biasanya ada di forum di internet.

Prikitiew

Kata ini dipopulerkan oleh Sule. Penggunaannya mirip dengan kata “cie-cie..” atau “ihiirr..”

CMIIW

Singkatan dari “correct me if I wrong” alias maaf jika saya salah. Contoh: “Setau gue sih gitu, harus di bawah terik matahari.. #CMIIW”

Cukstaw

Istilah ini merupakan plesetan dari kata “cukup tau”. Contoh: “Okke, cukstaw aja deh!”

Fudul

Artinya sama saja dengan kepo atau kayak stalking. Digunakan untuk menunjuk orang yang selalu ingin tahu sampai mengorek-orek informasi dari mana saja khususnya dari media sosial.

Jutek

Kata ini sudah sering dipake orang sejak tahun 2000, biasanya digunakan untuk menyebut orang yang sombong dan jarang senyum. Sekarang umum dipakai untuk menyebut orang yang judes, galak, dan nggak ramah.

Kicep

Artinya “diem mematung karena malu atau gak tau apa-apa”. Contoh: “Langsung kicep gue, saat ujian Matematika tadi..”

Kongkow

Artinya sama dengan nongkrong. Kata ini biasanya dipakai anak-anak muda untuk nongkrong di malam hari.

Lebeh

Kata ini artinya sama dengan “lebay” alias berlebihan. Kata “lebeh” populer di sekitar tahun 2006.

Menel

Kata yang menunjukkan sikap centil demi menarik perhatian orang yang disukai.

Narsis

Kata ini berasal dari cerita Yunani. Ada seorang laki-laki tampan bernama Narcissus yang menolak cinta seorang perempuan bernama Echo. Echo patah hati dan mengutuk Narcissus dibuat jatuh cinta pada bayangannya sendiri di air kolam. Sekarang, kata “narsis” dipakai untuk menggambarkan seseorang yang terlalu suka dengan melihat dirinya sendiri, salah satu tandanya yaitu hobi banget foto sendiri atau selfie.

Japri

Kependekan dari “jalur pribadi” alias PM (private message).

Groufie

Kata ini merupakan kebalikan dari selfie. Kalo selfie, foto sendiri. Kalo groufie, foto rame-rame.

IGO

Istilah ini merupakan singkatan dari Indonesian Girls Only. Yang artinya tidak ada cewek selain yang dari Indonesia.

Binun

Kata ini cuma plesetan dari kata “bingung”.

Cemungud

Kata ini Cuma plesetan dari kata “semangat”.

Cekidot

Berasal dari kata “check it out”. Contoh: “Ada barang baru nih, Gan. Cekidot!”

Cengli

Merupakan kata dari bahasa Hokkian. Kata ini lazim dipakai oleh orang rantauan dari Tionghoa suku Hokkia. Karena sering dipakai dalam berbisnis, lama-kelamaan menjadi umum dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Kata “cengli” artinya sepantasnya (semestinya), adil, lurus hati. Contoh: “Ah, minumnya lo abisin semua, ga cengli lo!” (yang dimaksud: gak adil).
READ MORE

SHARE THIS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements