Teks Pembawa Acara Resepsi Pernikahan

Teks Pembawa Acara Resepsi Pernikahan

Bismillahirrahmanirrahim.Innalhamdalillah wala khaulawala kuwwata illa billah a'mma ba'du.

Bapak, Ibu Saudara Sekalian yang kami hormati, sohibul hajjah yang kami hormati, dan kedua mempelai yg berbahagia. Pada hari yg berbahagia ini, marilah terlebih dahulu memanjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan karunia Nya kita sekalian bisa hadir memenuhi undangan Keluarga Bapak ALM. USEP AHDI dalam rangka akad nikah putrinya yang bernama NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWIPRAYITNO dari keluarga bapak SUTARPO. Demi kelancaran acara, marilah kita membacakan basmalah bersama-sama BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM.

Hadirin yang berbahagia, pada hari yang berbahagia ini pula, telah kami susun rangkaian acara pernikahan ini sebagai berikut :
  1. Pembukaan, yang sekaligus telah kami bawakan
  2. Serah terima yang diawali
  3. Sambutan dari wakil calon mempelai pria sekaligus penyerahan
  4. Sambutan dari wakil calon mempelai wanita sekaligus penerimaan
  5. Simbolis seserahan
  6. Pembacaan ayat suci Al-Qur'an
  7. Akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan do'a
  8. Sungkeman dan saweran
  9. Pemberian ucapan selamat kepada kedua mempelai
Serah terima

a. Sambutan dari calon mempelai pria sekaligus penyerahan

Hadirin yang kami hormati, sebagaimana layaknya adat kita maka atas nama keluarga mempelai wanita memberikan kesempatan kepada pihak mempelai pria untuk memberikan sekapur sirih, sebagai amanat keluarga menyerahkan pengantin pria kepada keluarga pengantin wanita. Untuk itu segera saja kami serahkan kepada yang mewakilinya. Yang terhormat wakil keluarga pengantin pria kami persilahkan.

b. Sambutan dari calon mempelai wanita sekaligus penerimaan

Terima kasih Bapak (______________________) yang telah dengan ikhlas penuh kesungguhan telah menyampaikan amanat pengantin pria sekeluarga kepada keluarga pengantin wanita.

Selanjutnya, kiranya tepat sekali jika segera kesempatan berikutnya kami serahkan kepada pihak keluarga pengantin wanita, yang dalam hal ini akan diwakili oleh (_____________________). untuk itu yang terhormat Bapak (______________________) kami persilahkan.

c. Simbolis seserahan

Terima kasih Bapak (______________________) yang telah menyampaikan amanat pengantin wanita sekeluarga kepada keluarga pengantin pria.

Selanjutnya acara akan dilanjutkan dengan simbolis seserahan dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita, yang akan diwakili oleh ibunda dari calon mempelai pria kepada ibunda calon mempelai wanita. Kepadanya dipersilahkan.

Pembacaan ayat suci Al-Qur'an

Untuk memanfaatkan waktu, marilah kita mulai saja acara selanjutnya, yakni pembacaan ayat suci Al-Qur'an, yang segera akan dibawakan oleh(_________________________).

Akad nikah + doa

Selanjutnya marilah kita ikuti acara inti , yaitu akad nikah yang dilanjutkan dengan pembacaan doa, akad nikah yang akan dilaksanakan antara Saudari NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWI PRASETYO.

Dalam hal ini akan dipimpin oleh Bapak(____________________________) selaku petugas dari Kantor Urusan Agama Kab. Bogor, kepada Bapak (_____________________) kami persilakan.

Sungkeman dan saweran

Alhamdulillahirabbil ’Alamin, baru saja kita saksikan pelaksanaan akad nikah antara saudari NURHAYATI dengan saudara ENDAR DWI PRASETYO. Mudah-mudahan akad nikah ini akan selalu menjadi tali pengikat cinta kasih abadi bagi mempelai berdua. Semoga mempelai berdua tetap istiqomah dalam membina dan membentuk rumah tangga yang harmonis, rukun, Sakinah ma waddah warrohmah.

Acara selanjutnya yaitu sungkeman yang akan lansung dilanjutkan dengan saweran,dan akan dipimpin oleh Ibu (___________________________) kepadanya dipersilahkan.

Penutupan

Alhamdulillah, rangkaian acara akad nikah sampai dengan prosesi sungkeman dan saweran telah dilewati dengan baik. Dengan hormat kepada seluruh hadirin memberikan ucapan selamat kepada kedua mempelai beserta keluarga, dilanjutkan dengan santap siang yang telah disediakan oleh keluarga mempelai. Kami persilahkan.

Akhir kata saya ucapkan

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Share this :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar