5 Filsafat Orang Jawa tentang Kehidupan agar Lebih Dihargai

5 Filsafat Orang Jawa tentang Kehidupan agar Lebih Dihargai

5 Filsafat Orang Jawa tentang Kehidupan agar Lebih Dihargai

1. Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti

Kata di atas pendek namun memiliki arti mendalam bagi orang jawa yakni semua sifat iri, keras hati, sifat jahat, tidak menghargai orang lain hanya bisa di atasi dengan SABAR, IKLHAS dan BIJAK. Jadi bagi orang jawa untuk menerima sifat jahat orang lain atau sifat keras hati pada dalam diri harus bijak dan sabar.

2. Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka

Bagi orang jawa merendah sudah di ajarkan oleh lingkungan hidup dan orang tua seperti arti filsafat di atas artinya Jangan merasa pandai agar tidak salah arah dan jangan berbuat curang agar tidak celaka, bagi anda selain orang jawa bisa berpegang pada filsafat di atas agar hidup tenang dan tidak merugikan orang lain.

3. Nerimo ing pandum

Inilah yang sering digunakan orang jawa untuk menjalani hidup filosofi jawa tersebut memiliki arti menunjukan pada sikap Kejujuran, keiklasan, ringan dalam bekerja, menerima apa adanya dan selalu merasa cukup dan bersyukur. jika anda mengenal orang jawa zaman dulu pasti mereka terlihat tenang, santai, dan tidak memiliki ambisi untuk mengejar sesuai itulah "NRIMAN" (Menerima apa adanya)

4. Aja Adigang, Adigung, Adiguno

Jika anda bukan orang jawa pasti membaca bahasa jawa di atas pasti terlihat lucu namun jika anda tau artinya yang mendalam pasti akan terdiam arti kata tersebut adalah Jaga kelakuan / tatakrama, jangan sombong dengan kekuatan, kedudukan, ataupun latarbelakangmu. intinya jangan sombong semua orang itu sama kalau boleh berkata kasarnya itu "Kotoran kita sama sama bau" jadi tidak erlu melihat rendah orang hargai jaga sopan santun.

5. Wong jowo iki gampang di tekuk – tekuk

Jika di artikan dalam bahasa indonesia "orang jawa itu mudah di tekuk tekuk" itu merupakan peribahasa yang memiliki makna orang jawa itu mudah bergaul, bisa menerima berbagai lingkungan, menghargai adat atau sifat orang lain dalam arti lain juga bisa seperiti ini jika anda kasar kami juga bisa kasar, jika anda sopan kami juga sopan jadi fleksibel.
BACA JUGA

Share this :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar