Resep Tiramisu Sederhana Lezat

Resep Tiramisu Sederhana Lezat

Bagi Anda penggemar dessert manis, pasti sudah tak asing lagi dengan dessert khas Italia yang satu ini. Tiramisu merupakan dessert yang paling populer dari negara Italia.

Tiramisu memiliki karakteristik rasa yang khas yaitu rasa kopi yang kuat dan tekstur cake yang sangat lembut. Tak heran sangat banyak peminat cake lembut ini. Inovasi cake yang luar biasa. Bagi anda para pecinta kue lezat, namun takut membuatnya sendiri karena mengiri membuat kue terutama kue selezat tiramisu itu adalah hal yang sulit, itu pemikiran yang salah.

Selain rasa tiramisu yang enak dan teksturnya lembut, tiramisu juga ternyata cukup mudah dibuat. Jadi anda yang ingin mencobanya tidak perlu takut dan ragu-ragu lagi. Meskipun membeli adalah alternatif yang lebih mudah dan praktis, namun kalau bisa membuatnya sendiri kenapa harus beli.

Banyak restoran dan cafe yang menjual menu tiramisu dengan berbagai jenis bentuk yang unik. Namun pada dasarnya pembuatan tiramisu itu sama dan terbilang sederhana serta mudah. Keunikan cara membuat tiramisu, anda tidak perlu memanggangnya di oven.

Cara membuatnya hampir sama dengan membuat mousse, yakni hanya mencampurkan bahan-bahan dan mendinginkannya di lemari es selama beberapa jam hingga siap disantap. Berikut Resep Tiramisu sederhana yang lezat.



Resep Tiramisu

Bahan Membuat Tiramisu :
  • 1 setengah cangkir espresso atau kopi hitam
  • 250 ml rum kue
  • 400 gram biskuit lady finger atau biskuit susu
  • 2 butir telur
  • 75 gram gula pasir
  • 500 gram keju mascarpone
  • 2 setengah sendok teh bubuk kakao

Alat Membuat Tiramisu :
  • Kompor
  • Kulkas
  • 1 mangkok berukuran besar , volume min. 1L
  • 1 mangkok lagi agak kecil saja dari kaca/logam untuk men-tim
  • Panci yang bisa memuat mangkok yang kecil
  • Mixer

Cara Membuat Tiramisu :
  1. Campurkan kopi espresso dengan setengah rum di sebuah mangkuk. Celupkan lady finger atau biskuit susu hingga menyerap kopi. Tata di sebuah pinggan hingga membentuk satu lapisan.
  2. Pisahkan putih dan kuning telur. Namun hanya 1 putih telur yang digunakan. Kocok dua kuning telur dan gula menggunakan mixer tangan hingga padat dan berwarna kuning pucat. Campurkan sisa rum dan tambahkan keju mascarpone kocok kembali hingga rata.
  3. Di mangkuk lain, kocok satu putih telur hingga padat dan mengembang. Campurkan ke dalam campuran kuning telur dan mascarpone tadi.
  4. Tuangkan adonan ini keatas biskuit yang telah ditata di pinggan sebelumnya.
  5. Celupkan biskuit ke dalam kopi dan tata kembali di atas adonan.
  6. Tuangkan sisa adonan dan ratakan permukaannya.
  7. Tambahkan bubuk kakao di bagian atas tiramisu hingga tertutup rata.
  8. Diamkan di dalam lemari es minimal 4-6 jam.
  9. Tiramisu siap disantap.

Mudah bukan, resep yang sederhana dan cara membuat yang tidak ribet diitambah hasil tiramisu yang lezat pasti anda tertarik membuatnya.

Demikian Cara Membuat dan Resep Tiramisu dari kami, silahkan sajikan untuk keluarga anda atau rekan anda. Bagi anda yang suka masakan nusantara, kami juga menyajikan resep masakan nusantara yang nikmat, berikut salah satu resep nusantara kami Resep Sayur Asem. Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi anda semua

Share this :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar