Cara Positif Untuk Meluapkan Amarah

Cara Positif Untuk Meluapkan Amarah

Adanya pandemi membuat seseorang terancam secara kesehatan fisik baik pun mental. Banyak dari mereka yang mengalami stres, tertekan, akibat situasi dari pandemi ini.

Hal ini disampaikan oleh Intan Erlita, selaku Psikolog, mengatakan bahwa pandemi menyebabkan situasi stres, lelah bahkan tertekan sehingga banyak orang mudah meluapkan marah dan sulit mengontrol emosi.
  • Karena semua orang berada di konsisi tertekan
  • Kedua tidak tahu bagaimana cara mengelola rasa kecewa
  • Lingkungan sekitar tidak mendukung

Menurut Intan ketika seseorang sedang marah dia tidak bisa mengontrol ucapan dan tindakan mereka, sehingga ketika emosi lebih baik menarik diri.

Akan tetapi terus memendam perasaan dan amarah juga tidak baik bagi kesehatan mental. Sehingga harus diatasi dengan baik, ada beberapa yang dianjurkan oleh Psikolog Chriss Gilbert untuk meluapkan amarah secara positif tanpa menyakiti orang lain.



Ternyata ada cara positif untuk meluapkan amarah, ini tipsnya:

1. Berolahraga

Ketika sedang stres, emosi dan marah alangkah lebih lakukan aktivitas yang melibatkan fisik.

Luapkan emosi dengan cara berolaharaga dan bayangkan sesuatu yang membuatmu marah. Atau juga bisa pergi gym dan berenang.

2. Menulis
Ambillah buku dan pulpen kemudian tulis secara detail perasaanmu, tulis apa saja yang membuatmu marah dan apa alasanmu kecewa.

Sebuah studi tahun 2005 oleh peneliti Australia, mengatakan bahwa menulis jurnal secara ekspresif juga bisa menyebabkan penurunan tekanan darah, meningkatkan fungsi sistem kekebalan, hingga memperbaiki suasana hati.

3. Nyanyikan Kemarahanmu
Dengarkan musik yang bisa membawa kemarahanmu, kamu juga bisa membuat skor serta lirik yang sesuai dengan perasaanmu.

Meski tidak tahu musik, yang kamu buat bisa menjadi karya yang sangat indah.

4. Gambar dan Lukis Amarahmu
Ketika sedang marah dan emosi lebih baik ambil selembar kertas dan krayon warna-warni dan gambar atau cat apapun yang terlntas didalam pikiranmu.

Hal ini ternyata bisa meredakan stres dan bisa memperbaiki suasana hati.

5. Latih Untuk Terus Bersyukur
Ketika segala sesuatu terasa sesak, hendaknya kamu mengambil waktu sejenak, ketahui bahwa ada banyak hal yang ingin kamu dapatkan dalam hidup sehingga bisa menetralkan amarahmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageviews