Mengenal Macam-macam Kekerasan Dalam Hubungan

Mengenal Macam-macam Kekerasan Dalam Hubungan

Kekerasan dalam hubungan biasanya yang menjadi korban adalah mereka para wanita, meski pria juga bisa menjadi korbannya namun lebih banyak wanita yang merasakannya.



Jika yang kita ketahui kekerasan hanyalah kekerasan fisik, namun sebenarnya ada banyak tipe kekerasan dalam hubungan. Ini diantaranya:

1. Kekerasan Fisik atau Physical Abuse

Physical abuse atau kekerasan fisik yaitu yang melibatkan anggota tubuh sehingga menyebabkan rasa sakit bahkan hingga kematian.

Misal, menampar, menendang, mencekik, mengancam dengan sengaja dan masih banyak lainya.

2. Kekerasan Emosional atau Emotional and Verbal Abuse

Emotional and verbal abuse adalah kekerasan yang dilakukan dengan menyerang emosi korban dengan kata-kata atau merendahkan.

Misal: mengintimidasi, mengancam, dituduh tanpa bukti hingga menimbulkan perasaan bersalah.

3. Kekerasan Seksual atau Sexual Abuse

Sexual abuse adalah kekerasan seksual yang beruba korban dari hubungan seksual. Misalnya: pemerkosaan, ciuman yang tidak diinginkan atau memaksa berhubungan seksual.

4. Kekerasan Finansial atau Financial Abuse

Financial abuse adalah kekerasan yang dilakukan dengan mengatur keuangan pasangan. Misal: menggunakan kartu kredit tanpa izin, melarang pasangan bekerja, menyimpan gaji pasangan dan menyembinyikannya.

5. Kekerasan Digital atau Digital Abuse

Digital abuse adalah bentuk kekerasan emosioanl atau verbal secara online melalui sosial media.

Misal: meminta password medsos pasangan, mengatur apa yang boleh dan tidak boleh posting, mengatur pertemanan di medsos, memaksa pasangan untuk mengirim foto atau video yang tidak senonoh, memeriksa pesan di ponsel pasangan dan memasang GPS dengan maksud untuk mengawasi pasangan.

6. Stalking

Stalking merupakan sikap yang tidak menyenangkan dan membuat pasangan merasa tidak terganggu. MIsal mendatangi rumah pasangan tanpa izin bahkan mendatangi tempat kerjanya.

Atau mantan yang masih suka menelpon, suka mengirim pesan berulangkali, hal ini juga bentuk kekerasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pageviews