5 Manfaat Besar dari Potong Kuku Rutin

5 Manfaat Besar dari Potong Kuku Rutin

Banyak banget nih yang masih meremehkan aktivitas potong kuku. Akibatnya, banyak yang masih membiarkan kuku panjang untuk beberapa lama. Padahal, dengan rutin menjaga kebersihan kuku Ladies bisa mendapatkan banyak manfaat yang nggak terkira, loh. 

Kuku yang panjang akan menampung kotoran lebih banyak daripada sebelumnya, loh. Berikut ini adalah manfaat potong kuku yang harus kamu ketahui:



1. Menjaga pencernaan tetap bersih

Untuk menjaga sistem pencernaan lebih bersih, bisa dengan cara memotong kuku. Potong kuku bisa mencegah datangnya racun ke tubuh. Pastikan kuku selalu dalam keadaan pendek supaya tetap terjaga kebersihannya. Seringnya, banyak yang sering terkena diare akibat jarang potong kuku, loh!

2. Mencegah kuku tumbuh ke dalam

Bila kuku tidak rutin dipotong, maka pertumbuhannya akan masuk ke dalam. Memang, kondisi ini biasanya terjadi pada kuku kaki. Namun sebenarnya, kuku tangan juga berpotensi tumbuh ke dalam bila terlalu panjang. Jika hal ini terjadi, maka penanganan medis pun diperlukan.

3. Mencegah kulit menebal di sekitar jari

Infeksi kuku biasanya terjadi karena kulit membengkak sehingga rasa sakit di sekitarnya terasa. Di sebagian kasus, infeksi ini terjadi karena kebiasaan lupa memotong kuku. Wah, siapa sangka kebiasaan sederhana potong kuku bisa menimbulkan akibat yang tidak disangka-sangka ya, Ladies!

4. Meminimalisir cedera

Kuku yang panjang nyatanya selain bisa melukai orang lain juga besar kemungkinan melukai diri sendiri. Bayangkan saja, ketika beraktivitas pasti akan ada masanya kuku mengenai bagian tubuh jika tidak hati-hati. Ada juga kasus seseorang yang matanya harus dioperasi akibat tidak sengaja tercolok kuku sendiri. So, lebih baik dipotong ya Ladies! Mencegah lebih baik daripada mengobati.

5. Memudahkan aktivitas

Banyak banget nih yang jadi kesusahan dalam bekerja akibat memiliki kuku yang panjang. Padahal, kalau kuku yang dimiliki lebih pendek, aktivitas akan lebih mudah dikerjakan. Kuku yang panjang menyulitkan untuk mencuci, memainkan gitar, menggambar, mengetik di laptop dan lain-lain.

Sebaiknya, bila memang ingin tampil anggun ketika difoto, gunakan kuku imitasi saja dan jangan menumbuhkan kuku asli, ya!

Anda mungkin menyukai postingan ini