Pernikahan Akan Selalu Tentram Bahagia Jika Menerapkan Kebiasaan Sederhana Ini

Pernikahan Akan Selalu Tentram Bahagia Jika Menerapkan Kebiasaan Sederhana Ini

Pernikahan tidak hanya dibangun oleh perasaan cinta untuk mempertahankan kesejahteraan rumah tangganya.

Ada bebrapa faktor yang menyebabkan rumah tangga tetap utuh dan bahagia. Salah satunya adalah sikap yang dintunjukkan oleh pasangan.



Tak banyak yang tahu bahwa sikap baik kepada pasangan bisa membuat hubungan langgeng.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Emotion membuktikan bahwa perbuatan baik dan perhatian, rasa peduli kepada pasangan bisa meningkatkan kondisi afektif seseorang.

Sikap Baik Akan Menjaga Hubungan Rumah Tangga

Penelitian yang mempelajari 175 suami-istri yang baru menikah dengan usia rata-rata pernikahan selama 7 bulan ini menunjukkan keadaan emosi dan kejadian apa saja yang bisa dikategorikan sebagai mengesampingkan keinginan pribadi demi memenuhi kebutuhan pasangan.

Hasilnya adalah pasangan suami-istri yang mau berkompromi, mau menyesuaikan kepentingan diri sendiri terhadap pasangan, sikapnya begitu lembut, berterimakasih ternyata pernikahannya bahagia dan memuaskan. Dari pada pasangan yang tidak pernah bersikap baik kepada pasangannya.

Meski demikian, Harry Reis, sebagai penulis penelitian sekaligus profesor psikologi dari University of Rochester mengaku bahwa kasus sepetri ini hanya bagi mereka yang baru menikah saja.

Padahal sikap baik akan mampu menenangkan hati, meski hubungannya sudah terjalin lama.

You may like these posts