Sehatkah Gaya Hidup Fruitarian

Sehatkah Gaya Hidup Fruitarian

Buah-buahan memang kelompok pangan sehat karena kandungan serat dan vitaminnya. Namun, sehatkah jika sehari-hari kita cuma mengonsumsi buah-buahan saja?
 
Beberapa orang percaya bahwa menjadi Fruitarian, alias orang yang hanya makan buah-buahan, merupakan cara untuk menjadi sehat.

Inna Wakeham, salah satu fruitarian, sudah setahun terakhir ini hanya mengonsumsi buah, baik dalam bentuk dimakan langsung atau dijus. Ia bahkan tidak minum air putih karena khawatir air tersebut tercemar.

"Menjadi fruitarian telah mengubah hidup saya. Saya merasa lebih muda dan cantik. Berat badan berhasil turun dan mood juga lebih baik," kata wanita berusia 50 tahun dari Inggris ini.
 
Lain lagi dengan Belinda White (46). Wanita yang tampak berusia 20-an tahun ini membeberkan rahasianya, yaitu makan 20 buah setiap harinya.



Melania Trump (46) yang sebentar lagi akan menjadi Ibu Negara AS ini juga tak pernah absen makan buah. Meski bukan termasuk fruitarian, tapi ia rutin makan 7 buah setiap hari untuk menjaga berat badannya.
 
Para penganut pola makan fruitarian ini beranggapan, pola makan tersebut merupakan cara hidup nenek moyang manusia yang menyehatkan.

Walau demikian, para ahli mengatakan bahwa mengasup buah saja tidaklah menyehatkan. Apalagi, buah-buahan biasanya mengandung gula tinggi. Tidak mengonsumsi sumber protein juga dianggap dapat memicu gangguan penyakit.

"Saya tidak merekomendasikannya. Pola makan ini bisa menyebabkan kurang gizi dan kelebihan serat bisa menyebabkan sakit perut. Mengganti air putih dengan jus buah juga berbahaya karena kandungan gula dalam jus sangat tinggi," kata Anna Daniels, ahli gizi.

Daniels menjelaskan, penganut fruitarian bisa kekurangan nutrisi dan vitamin yang sangat penting untuk kesehatna kulit. Juga kekurangan protein, kalsium, dan asam lemak, yang dibutuhkan untuk memperbaiki sel-sel dan tulang," katanya.

Kelebihan konsumsi buah juga berdampak pada gigi. Buah-buahan mengandung gula tinggi, meski alami tapi gula tetaplah gula yang dapat merusak gigi.
Konsumsi gula yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko kanker dan mengganggu produksi kolagen sehingga membuat kulit cepat kendur.

"Buah sangat mengandung gula, dan gula mempercepat penuaan. Penganut fruitarian sebenarnya mendapatkan manfaat bukan dari apa yang mereka makan, tapi jenis makanan yang mereka hindari," kata Dr.Zoe Harcombe, ahli nutrisi.

Fruitarian memang tidak mengonsumsi tepung, alkohol, serta makanan yang diproses. Namun, mereka kekurangan lemak yang baik dan protein.

Fruitarian Diet:
 
Apakah Ini Aman - atau benar-benar sehat untuk Anda?

Buah berbasis diet berat pada gula, kekurangan beberapa nutrisi

Banyak yang penasaran tentang menjadi vegan atau vegetarian. Lainnya ingin tahu tentang rendah karbohidrat atau tinggi protein diet. Kadang-kadang, seseorang akan bertanya kepada saya tentang menjadi fruitarian - seseorang yang makan terutama buah-buahan.

Diet fruitarian adalah salah satu yang paling ketat. Risiko kekurangan gizi tinggi, jadi saya tidak merekomendasikan hal ini. Tapi, jika Anda tertarik untuk mengejar atau sudah melakukannya, ada hal-hal yang harus Anda ketahui.

Apa artinya menjadi fruitarian ?

Mengadopsi diet fruitarian tidak berarti Anda hanya makan buah. Sebaliknya, deskripsi diet Buah mentah harus membuat tidak lebih dari 75 persen dari makanan yang dikonsumsi. Saya menyarankan pasien untuk menjaga asupan buah mereka untuk tidak lebih dari 50 persen untuk menghindari ketidakseimbangan gizi.
Transisi ke diet fruitarian

Jika Anda memilih diet fruitarian, lanjutkan perlahan. Transisi diet Anda untuk menyertakan berbagai buah-buahan. Dan pastikan untuk menyertakan kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran dengan setiap makan karena mereka akan memberikan lemak dan protein yang Anda butuhkan. Mereka juga akan membantu memperlambat setiap lonjakan gula darah yang berasal dari hanya makan buah.

Ingat bahwa diet yang sehat meliputi tiga porsi buah setiap hari. buah berminyak, seperti alpukat, pisang dan kelapa, merupakan sumber lemak yang baik.
manfaat

Buah yang dikemas dengan vitamin dan anti-oksidan, termasuk vitamin C dan beta-karoten, dan beberapa penelitian yang ada menunjukkan buah dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

Anda mungkin kehilangan berat badan pada diet fruitarian, tapi saya tidak menganggap ini manfaat yang benar. Kerugian yang mungkin hilang jika Anda meninggalkan diet, dan berat badan Anda akan merayap kembali.

risiko

diet berbasis buah bisa sangat membatasi dan dapat menyebabkan beberapa masalah.

berat badan: Buah-buahan yang berat di gula alami. Meskipun ada beberapa orang di diet ini yang bisa menurunkan berat badan, makan dengan porsi besar buah benar-benar menempatkan Anda pada risiko kenaikan berat badan.

Diabetes: Untuk pasien diabetes atau pra-diabetes, diet fruitarian bisa berbahaya. Buah-buahan mengandung banyak gula yang terlalu banyak makan negatif dapat mempengaruhi kadar gula darah. Diet buah-satunya juga bisa berbahaya bagi orang-orang dengan gangguan pankreas dan ginjal.

kerusakan gigi: kadar gula tinggi buah ini dapat menempatkan Anda pada risiko tinggi untuk kerusakan gigi. Misalnya, apel memiliki potensi untuk menjadi seperti korosif permen atau soda. Beberapa buah-buahan, seperti jeruk, sangat asam dan dapat mengikis enamel gigi.

kekurangan nutrisi: fruitarian sering memiliki kadar rendah vitamin B12, kalsium, vitamin D, yodium dan asam lemak omega-3, yang dapat menyebabkan anemia, kelelahan, kelesuan dan disfungsi sistem kekebalan tubuh. kalsium yang rendah juga dapat menyebabkan osteoporosis.

suplemen gizi yang memenuhi kekurangan ini sering dibuat dari sumber makanan seperti budaya susu atau protein kedelai, yang dianggap off-batas dalam diet fruitarian. Hal ini membuat kekurangan gizi jauh lebih umum.

Mengidam: Membatasi diet Anda untuk terutama buah-buahan dapat menyebabkan keinginan atau obsesi makanan.

mode kelaparan: Dengan mengandalkan terutama pada buah-buahan dan mencabut diri dari vitamin yang dibutuhkan, lemak dan protein, itu mungkin untuk mendorong tubuh Anda ke mode kelaparan. Jika tubuh Anda terasa itu kelaparan, itu akan memperlambat metabolisme dalam upaya untuk menghemat energi untuk fungsi-fungsi vital.

Bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai diet fruitarian

Sebelum Anda memulai diet fruitarian, saya sarankan Anda berkonsultasi dokter umum Anda. Dia mungkin akan meresepkan suplemen diet Anda harus mengambil untuk mengatasi kekurangan vitamin dan mineral.

Anda mungkin menyukai postingan ini