Tips Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Semua orang pasti pingin kulitnya bersih, dan sehat kan? ada beberapa hal yang mesti di ketahui. Yoek baca terus, pasti seru. Selain berbagai kelebihan, radioterapi juga memiliki banyak efek samping.

Umumnya efek samping radioterapi adalah perubahan kulit area yang terkena, gigi keropos serta diare yang kerap muncul pada minggu ketiga pascaradiasi. untuk mengatasi efek samping tersebut, berikut tips yang bisa digunakan:



Setelah beberapa kali biasanya kulit tampak merah, gosong, lama-kelamaan mengering dan gatal. Tetapi ada juga yang sebaliknya: kulit menjadi lembap, basah, dan mengalami iritasi/ lecet, terutama dilipatan-lipatan tubuh. 

Selain konsultasi ke dokter, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk merawat kulit pada area radiasi, yakni :
  1. Kenakan pakaian berbahan katun yang longgar, hindari pakaian yang menempel ketat.
  2. Tanyakan dokter, bolehkah anda menggunakan sabun, krim, lotion, salep, parfum, bedak, minyak gosok, atau apapun pada kulit yang terkena radiasi itu. Jenis/merek apa?
  3. Jangan menggunakan perekat di area tersebut, jika anda perlu memasang perban di sana, mintalah petunjuk dokter atau perawat.
  4. Hindari menggaruk, menggosok, atau menyikat kulit di area irradiasi.
  5. Gunakan air suam-suam kuku (dan sabun yang lembut, kalau boleh) untuk membasuhnya, kemudian keringkan dengan lembut dan hati-hati.
  6. Jangan menempelkan kompres hangat ataupun dingin.
  7. Jika di sana ada rambut yang perlu dicukur, gunakan pencukur listrik tanpa lotion ataupun sikat pembersih rambut.
  8. Lindungi kulit dari sinar matahari menggunakan payung atau pakaiang yang ringat.
  9. Jika ingin menggunakan sunscreen/sunblock lotion, tanyakan dulu pada dokter produk apa yang sesuai.

Nah sekarang sisa kamu yang dapat manjain kulit agar tetap mulus dan sehat, tapi jangan takut terhadap sinar matahari, karna sinar matahari juga sangat perlu untuk tubuh kita.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar